Apasih Perbedaan Antara Microwave dan Air Fryer ? || Baca Disini !!

Selamat datang di Blog RZainuri, Kali ini saya akan menjelaskan tentang Perbedaan Microwave dan Air Fryer. Tentunya di zaman yang modern ini. banyak orang yang ingin membuat makanan cepat saji. Maka dari itulah dibuat alat tersebut , sehingga kalian bisa dipermudah untuk memasak makanan tersebut.

Oke agar tidak berlama lama saya akan menjelaskan tentang Perbedaan Microwave dan Air Fryer.


Air Fryer




Apasih Perbedaan Antara Microwave dan Air Fryer ?


Air Fryer adalah alat memasak yang fungsi utamanya adalah menggoreng makanan tanpa minyak, sehingga makanan kamu lebih sehat dan bebas minyak.



Cara Kerja Air Fryer


Untuk menggunakan air fryer pada makanan adalah dengan mengeluarkan udara panas berkecepatan tinggi  yang mengelilingi makanan. Udara makanan tersebut dihasilkan dari kipas mekanik yang sudah ada di dalam alat tersebut. Untuk suhu yang dikeluarkan oleh alat ini sangatlah tinggi ,sehingga kandungan air yang terdapat di makanan itu langsung menguap. Sehingga menghasilkan makanan yang bertekstur renya.


Jenis- Jenis Air Fryer



1)      Basket Air Fryer

Basket air fryer ini merupakan alat yang paling biasa digunakan oleh banyak orang. Bentuk dari alat yang satu ini persis seperti Teko, tetapi memiliki permukaan yang bundar dan memiliki banyak tombol. Alat ini sangat cocok untuk menggoreng makanan yang tidak terlalu kering.

2)      Paddle Air Fryer

Paddle Air Fryer ini mempunyai bentuk persis dengan magic com. Akan tetapi di bagian tengah alat ini terdapat baling baling untuk  mengalirkan udara panas ke makanan. Alat ini sangat cocok digunakan untuk menggoreng makanan seperti Frozen foot dengan permukaan yang sangat renyah.



Microwave



Apasih Perbedaan Antara Microwave dan Air Fryer ?


Microwave merupakan suatu peralatan dapur yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Microwave juga suatu alat elektronik yang memanggang makanan, dengan menggunakan radiasi elektromagnetik yang berupa spektrum Microwave (gelombang mikro).


Cara Kerja Microwave


Microwave bekerja dengan cara memancarkan sebuah radiasi gelombang mikro melalui makanan. Gelombang mikro tersebut memicu molekul air dalam makanan saling bergesekan sehingga dapat memproduksi panas yang mematangkan makanan. Oleh karena itu, makanan yang memiliki kandungan air tinggi seperti sayuran dapat lebih cepat matang. 

Panas yang dihasilkan dari molekul air ini juga menyebabkan panas tidak akan diserap oleh wadah makanan dari bahan gelas, plastik khusus, dan keramik. Wadah akan tetap terasa hangat, tetapi suhunya tidak sepanas makanan. Di dalam microwave juga terdapat piring besar yang memutar. Piring ini akan memutar makanan selama proses agar mendapatkan panas yang merata keseluruh bagiannya.



Jenis jenis macrowave :


Jenis jenis macrowave terbagi menjadi 3 yaitu Solo Microwave Ovens, Grill Microwave Ovens, dan Convection Microwave Ovens.  Dibawah ini merupakan penjelasan dari 3 jenis macrowave tersebut.

1.            Solo Microwave Ovens

Jenis macrowave yang pertama adalah Solo Microwave Ovens.Microwave yang satu ini hanya memiliki magnetron di dalamnya yang berfungsi untuk menghasilkan gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Jadi macrove ini hanya memiliki 1 kegunaan untuk memanaskan makanan saja. seperti kalian bisa memanaskan susu yang disimpan di dalam kulkas dengan menggunakan macrowave yang satu ini.

2.            Grill Microwave Ovens

Jenis Macrowave yang kedua adalah Grill Microwave Ovens.Microwafe yang satu ini memiliki dua kemampuan yaitu untuk memanaskan makanan dan untuk memanggang makanan. Karena alatyang satu ini sudah dilengkapi dengan koil pemanas (heater colis). Jadi jika kalian ingin memanggang sebuah ikan atau daging lainnya kalian bisa menggunakan alat yang satu ini.

3.            Convection Microwave Ovens             

Jenis macrowave yang ketiga adalah Convection Microwave Ovens. Microwave yang satu ini merupakan salah satu alat yang memiliki kemampuan 3 sekaliagus. Yaitu alat ini bisa memanaskan makanan, girl / memanggang makanan. Dan juga heater blower/ membakar makanan.


Sekian dulu penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua.
Baca Juga
Previous Post Next Post