7 Jenis Lensa Untuk Kamera DSLR

Apa itu kamera DSLR ? Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder. Tentunya jika kalian sudah memiliki kamera DSLR , kurang afdol jika tidak memiliki lensa yang bermacam macam. Penasaran lensa apa saja yang cocok untuk Kamera DSLR ? Simak penjelasan berikut ini :





1.       Standard lens (lenca standar)

 





Standard Lens. Lensa yang satu ini memiliki lebar aperture yang memaksimalkan, sehingga bisa digunakan di situasi dengan minim pencahayaan.lensa standar 50mm pada umumnya digunakan pada kamera SLR 35 mm.





2.       Wide-angle Lens (Lensa Sudut Lebar)

 




Macam macam lensa untuk kamera DSLR yang kedua adalah Wide-angle Lens (Lensa Sudut Lebar).  Karena lensa ini memiliki kemampuan untuk memotret dengan sudut yang sangat lebar, maka lensa ini sangat bermanfaat bagi kalian yang sering memotret sekelompok orang, arsitektur, interios, pemandangan dengan posisi landscape.




3.       Zoom Lens (Lensa Zoom)

 


Macam macam lensa untuk kamera DSLR yang ketiga adalah Zoom Lens (Lensa Zoom). Untuk lensa yang satu ini memungkinkan kalian untuk menyesuaikan framing subjek secara tepat melalui penyesuaian terhadap Focal Legth pada lensa. Biasanya lensa Zoom memiliki jangkauan 3 sampai 4 lensa fokus dan tetap memiliki retang aperture variabel. Biasanya lensa ini digunakan untuk kalian yang ingin memotret binatang buas atau ingin memotret hewan yang sedang berada di atas pohon.



4.       Long-focus Lens (Lensa long-focus)

 



Macam macam lensa untuk kamera DSLR yang keempat adalah Long-focus Lens (Lensa long-focus). Lensa yang satu ini  memiliki bentuk yang sangat panjang. Dengan bentuknya yang panjang kalian bisa memotret objek yang jauh. Ketika kalian memotret dengan ajrak yang dekat maka secara otomatis lensa ini akan mengganti dengan menggunakan lensa yang pendek. Biasanya lensa ini sering kalian jumpai ketika pertandingan sepak bola, karena fotografer hanya memilikitempat di sekitar belakang gawang, maka dengan bantuan lensa ini mereka bisa memotret pemain yang sedang menyerang atau yang sedang bertahan.
5.       Telephoto Zoom

 




Macam macam lensa untuk kamera DSLR yang kelima adalah Telephoto Zoom. Lensa Telephoto Zoom ini memiliki ukuran sekitar 75 sampai 300 mm dan memiliki 6 lensa dengan panjang fokus tetap.lensa ini sering digunakan untuk fotografer olahraga , fotografer satwa liar dan kelian bisa memotret sebuah arsitektur dengan menggunakan posisi landscape.




6.       Ultra Wide-angel Lens

 


Macam macam lensa untuk kamera DSLR yang keenam adalah Ultra Wide-angel Lens. Untuk lensa yang satu ini merupakan lensa yang sulit dipelajari oleh banyak orang. Karena terdapat beberapa kesalah fahaman yang sangat umum. Dan cara untuk menggunakan lensa tersebut. Lensa ini memiliki ukuran panjang fokus 21 mm kemudian turun menjadi 15 mm saja. kebanyakan orang memanggil lensa ini dengan sebutan lensa Fish-eyes. Karena lensa ini bisa menghasilkan sebuah gambaran yang terdistorsi.

7.       Macro Lens

 



Macam macam lensa untuk kamera DSLR yang ketujuah adalah Macro lens. Lensa ini hanya bisa digunakan untuk jarak fokus yang sangat dekat karena bentuk dan panjang fokus lensa ini bermacam macam mulai dari 50 mm sampai 200 mm. akan tetapi lensa ini memiliki keunggulan yaitu pada saat kalian memotret objek secara close-up di luar ruangan, lensa makro yang lebih panjang dapat menghasilkan sebuah gambar besar dengan dengan latar belakang yang tampak menjauh.
Oke sekian dulu penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua



KESIMPULAN

Nah itulah macam macam Lensa Kamera DSLR. Jadi kalian bisa membelinya sesuai kebutuhan ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
Previous Post Next Post