Apa Itu Proxy ? Fungsi Proxy ? dan Jenis - Jenis Proxy ?

Apa Sih Proxy Itu ?

Proxy ? Tahukah kalian apa itu Proxy ? proxy merupakan sebuah server komputer yang berfungsi meneruskan permintaan pengguna ke server lain di internet. Bisa dibilang proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau program komputer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet. Tentunya jika kalian sekolah dengan mengambil Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), maka kalian akan sering sekali mendengar kata apa itu proxy, manfaat proxy, dan lain lainnya.

Fungsi Proxy

  1. Fungsi connecting sharing
fungsi pertama dari proxy adalah connecting sharing.  Jadi yang dimaksud dengan connecting sharing itu sendiri adalah fungsi yang bekerja sebagai penghubung atau perantara pengambilan data atau suatu alamat IP ke IP lainnya bisa juga kepada IP komputer user.
  1. Fungsi Filtering
Fungsi yang kedua adalah filtering. Jadi terdapat beberapa proxy yang memiliki fitur firewall yang akan langsung memblokir sebuah alamat ip yang tidak diinginkan. Jadi terdapat beberapa situs website yang tidak akan bisa dibuka oleh user pengguna jaringan ini.
  1. Fungsi caching
Fungsi yang ketiga adalah caching. Jadi maksud dari kata caching adalah bahwa setiap proxy juga terdapat media penyimpanan data dari suatu web , query atau permintaan akses user.


Jenis Jenis Proxy

  1. Proxy Transparan (Transparent Proxy)
Jenis proxy yang pertama adalah Proxy Transparan (Transparent Proxy).  Jadi proxy yang satu ini merupakan proxy yang tidak sama sekali merahasiakan alamat IP penggunanya. Jadi alamat IP yang menggunakannya akan terlihat jelas oleh orang banyak di dunia maya.  Kebanyakan orang yang menggunakan proxy ini bisa membuat alamat IP kalian terblokir secara permanen loh. Jadi jika alamat IP kalian sudah di blokir tentunya kalian sudah tidak bisa lagi mengakses situs tersebut.  Akan tetapi Proxy transparan sendiri biasanya banyak diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan  besar untuk mengakses informasi lokal. contoh seperti informasi di wilayah perusahaan yang hanya bisa diakses oleh karyawan di sekitaran lokasi perusahaan saja.
  1.  Proxy Anonim (Anonymous Proxy)
Jenis proxy yang kedua adalah Proxy Anonim (Anonymous Proxy). Untuk proxy yang satu ini akan menampilkan alamat IP kalian , akan tetapi proxy ini sudah menyimpan alamat IP asli kalian jadi yang di tampilkan di dunia maya hanyalah alamat IP samaran. Jadi jika kalian mengakses sebuah situs, otomatis website tersebut akan mengetahui alamat IP yang digunakan oleh pengguna. Namun jika kalian menggunakan proxy anonim, website tersebut tidak akan mengetahui alamat IP asli milik kalian akan tetapi yang terdeteksi hanyalah alamat IP proxy server saja.  
  1.  High Anonymity Proxy
Jenis proxy yang ketiga adalah High Anonymity Proxy. Untuk proxy yang satu ini merupakan proxy yang sangat menjaga alamat IP penggunanya. Karena jika kalian menggunakan proxy ini kemudian kalian mengakses sebuah website , maka website tersebut tidak akan bisa membaca alamat IP kalian. Pihak Web hanya bisa membaca sebagai sebuah Klien. Maka dari itu proxy jenis ini cocok untuk kalian yang suka menelusuri seluk beluk internet.
  1.  Distorting Proxy
Jenis proxy yang keempat adalah Distorting Proxy. Untuk proxy yang satu ini agak mirip dengan proxy anonym proxy, karena proxy ini dapat merekayasa sebuah alamat IP asli yang sedang kalian gunakan.


Baca Juga
Previous Post Next Post