Fungsi VPN Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang


Fungsi VPN Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang
VPN (Virtual Private Network) merupakan layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Mungkin kalian sudah tahu tentang VPN akan tetapi apasih Fungsi dari VPN itu ? Nah kalau menurut saya fungsi VPN itu bisa kalian gunakan untuk mengakses situs yang terblokir loh !! Jika mau tahu lebih lengkapnya mari simak penjelasan berikut ini.

Fungsi VPN :

  1. Privasi
Manfaat VPN secara umum yang pertama adalah Privasi. Jadi dengan menggunakan VPN privasi yang kalian miliki akan terjamin aman karena akan disembunyikan oleh sebuah fitur yang terdapat di VPN. Kalian juga bisa menghilangkan alamat IP jika kalian membuka browser , dengan hal itu maka orang lain tidak bisa mengetahui lokasi geografis pengguna.
  1. Remote Acces
Manfaat VPN secara umum yang kedua adalah Remote Acces. Jadi dengan bantuan VPN kalian dapat mengakses jaringan komputer yang ada di kantor , rumah atau dimana saja dengan melalui jaringan internet.
  1. Keamanan
Manfaat VPN secara Umum yang ketiga adalah keamanan. Jadi dengan menggunakan VPN maka dia akan membantu keamanan jaringan internet dari serangan orang orang yang tidak bertanggung jawab seperti hacker.
  1. Hemat Biaya
Manfaat VPN secara umum yang keempat adalah hemat biaya. Jadi dengan digunakannya VPN maka dapat membantu biaya pengaturan jaringan, jadi jika kalian menggunakan VPN maka kalian tidak akan menghabiskan uang yang banyak karena kalian menggunakan jaringan internet yang sudah ada tanpa harus membangun jaringan sendiri.
  1. ByPass
Manfaat VPN secara umum yang kelima adalah ByPass. Jadi jika kalian menggunakan VPN, maka kalian bisa melewati pembatasan geografi terhadat situs streaming atau video. Atau bisa dikatakan kalian bisa melihat website atau video yang dilarang di sebuah Negara namun kalian tetap bisa mengaksesnya dengan menggunakan VPN luar negeri.
Setelah kalian mengetahui tentang manfaat VPN saya akan melanjutkan dengan menjelaskan tentang cara kerja dari VPN. Berikut merupakan cara kerja VPN :
Pada saat kalian menggunakan internet publik, biasanya kalian akan terhubung ke ISP  (Internet Service provider) terlebih dahulu. Setelah itu ISP tersebut akan menghubungkan kalian dengan website . nah semua lalu lintas internet kalian akan melewati server ISP dan dapat dilihat oleh ISP. Hal ini berbeda ketika kalian menggunakan VPN. Teknologi ini akan membuat tunnel (terowongan) yang aman antara komputer kalian dengan komputer server yang akan diakses. VPN juga akan menyembunyikan alamat IP adress asli kalian dibalik salah satu IP provider VPN. Selain itu, VPN akan meng-enkripsi semua data dan kemudian dikirim melewati tunnel aman yang memungkinkan kalian untuk menjelajahi web secara bebas dan anonim (menggunakan identitas yang tidak dikenal).

Nah jika kalian  ingin menggunakan VPN maka , saya akan memberikan tips kapan kalian harus menggunakan VPN. Berikut merupakan beberapa tips dari saya :

  1. Kalian harus menggunakan VPN jika kalian sedang menggunakan Wifi Publik
  2. Menyembunyikan lokasi, dan mengizinkan kalian mengakses geo-blocked content ‘konten-konten yang diblok berdasarkan wilayah geografis’.
  3. Menyembunyikan aktivitas kalian terhadap orang-orang yang ingin mencoba mengetahui kegiatan kalian secara diam-diam.

Baca Juga
Previous Post Next Post