Perbedaan Antara Oven dan Microwave yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang !!


Selamat datang di Blog RZainuri, Kali ini saya akan menjelaskan tentang Perbedaan Oven dan Microwave. Tentunya terkadang kalian sering menganggap bahwa oven dan microwave itu sama. Akan tetapi kedua alat tersebut sangat berbeda loh. Mau tahu perbedaannya ?

Oke agar tidak berlama lama saya akan menjelaskan tentang Perbedaan Oven dan Microwave.


§  Cara Kerja


 

Perbedaan Antara Oven dan Microwave yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang !!


Untuk Oven, biasnya menggunakan listrik atau gas yang digunakan sebagai sumber untuk memanaskan. Selanjutnya, suhu panas tersebut akan menyebar dan mematangkan maknan. Oven juga dilengkapi dengan kipas untuk meratakan suhu panas agar makanan bisa masak secara merata.


Sedangkan microwave , menggunakan hasil dari radiasi gelombang mikro elektromaknetik untuk memanaskan makanan. Gelombang mikro tersebut akan bergerak dan saling bertabrakan sehingga akan menimbulkan panas pada makanan dan microwave.


§  Energi Listrik Yang Digunakana


Untuk Oven biasanya sangat membutuhkan waktu yang lama untuk mematangkan makanan, sehingga membutuhkan energy yang sangat besar. Karena oven yaitu membutuhkan waktu sampai panas menyebar ke seluruh sudut oven.

Sedangkan microwave , juga membutuhkan listrik yang sangat besar. Karena untuk menghasilkan gelombang mikro.


Perbedaan Antara Oven dan Microwave yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang !!

§  Perbedaan Ukuran

 

Untuk Oven, biasanya memiliki ukuran yang sangat banyak dari yang kecil, sedang hingga besar. Biasanya semakin kecil oven yang digunakan makan semakin kecil juga energy listrik yang digunakan. Untuk oven besar biasanya sering digunakan untuk memasak Pizza , Ayam panggang, dan kue.
Sedangkan untuk ukuran dari microwave biasanya tidak lebih dari 30 L, karena memang sudah di desain hanya untuk menghangatkan maknan saja.

§  Perbedaan Jenis Oven dan Microwave


Jenis jensi Oven :


1.      Oven konvensional      : oven ini menyatu dengan kompor dan cenderung lebih mahal, juga memiliki kapasitas yang cukup besar.

2.      Oven konveksi          : hampir serupa dengan oven konvensional, yang membedakan oven ini memiliki kipas di bagian dalam oven sehingga memungkinkan pemanasan terjadi secara merata.
3.      Oven listrik,                 : mengandalkan listrik sebagai sumber panasnya. Cocok untuk memanggang dalam jumlah besar. Biasanya, oven ini digunakan untuk pebisnis dengan target produksi yang tinggi.
4.      Oven gas                      : menggunakan panas dari gas LPG. Sekarang ini, oven gas juga ada yang menggunakan kombinasi daya listrik
5.      Oven kompor  : panas dari oven ini bersumber dari kompor. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan oven ini tidak memiliki fitur khusus.

 

§  Jenis jenis Microwave


1)      Microwave solo, merupakan microwave paling dasar dimana fungsinya adalah untuk memanaskan makanan .

2)      Grill microwave, mirip dengan microwave solo. Alat ini, juga bisa digunakan untuk memanggang dan memanaskan makanan.

3)      Convection microwave,berbeda dari kedua microwave sebelumnya, microwave ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan hembusan udara panas, membuat suhu jadi lebih merata.

·         Hasil Makanan

 

jika menggunakan oven makanan yang akan dihasilkan yaitu lebih renyah dan matang merata. Sedangkan jika menggunakan microwave biasanya hasil makananya lebih kering dan sulit untuk matang. Karena panas yang dihasilakan oleh microwave berasal dari maknan itu sendiri, jadi akan membuat kelembapan makanan dan air menghilang.

·         Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Memasak

 

Jika kalian menggunakan oven untuk memasak maknan. Maka waktu yang diperlukan berbeda beda. Karena jenis oven apa yang kalian gunakan pada waktu itu.


Sedangkan jika kalian menggunakan microwave , proses pemanasan bisa berlangsung dengan waktu yang singkat . jadi makanan yang dimasak menggunakan microwave lebih cepat matang. Dan alat ini memiliki waktu untuk proses pemanasan yang lebih cepat daripada oven jenis apapun.


Sekian dulu penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua.
Baca Juga
Previous Post Next Post