Kalian Wajib Tahu !! Inilah 7 Cara Merawat Kulkas Agar Tahan Lama


Selamat datang di Blog RZainuri, kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Untuk Merawat Kulkas Agar Tahan Lama. Tentunya pada zaman sekarang kebanyakan kulkas yang memiliki harga yang murah namun sepat rusak. Hal tersebut terjadi karena kulkas tidak dirawat dengan baik. Oke agar tidak berlama lama saya akan menjelaskan tentang cara untuk merawat kulkas agar tahan lama.


7 Cara Merawat Kulkas Agar Tahan Lama


1.       Matikan Kulkas Jika Tidak Digunakan


 Cara pertama untuk merawat kulkas agar tahan lama adalah matikan kulkas jika tidak digunakan.  Tentunya jika kulkas terus menerus digunakan maka listrik yang akan diperlukan kulkas tersebut akan besar. Dan berakibat meningkatnya pengeluaran bulanan kalian. Dengan mematikan kulkas beberapa saat, pada saat inilah kalian bisa membersihkan bagian dalam kulkas dari bekas noda makanan yang melekat.


 2.       Membersihkan Kondensor

 Cara kedua untuk merawat kulkas agar tahan lama adalah membersihkan kondensor. Kebanyakan orang tidak membersihkan kondensor dibelakang kulkas hingga beberapa bulan atau beberapa tahun setelah dibeli.tentunya  kondesor akan tertutup oleh debu. Dengan membersihkan kondensor kalian bisa membantu alat ini untuk melepaskan panas.


 3.       Bersihkan bagian dalam kulkas

 Cara ketiga untuk merawat kulkas agar tahan lama adalah membersihkan bagian dalam kulkas. Untuk membersihkan bagian dalam kulkas sebaiknya kalian terlebih dahulu mematikan sambungan listrik ke kulkas terlebih dahulu, kemudian keluarkan semua barang yang ada di dalam kulkas. Jika sudah selesai kalian bisa melepaskan semua rak yang terdapat di dalam kulkas, kemudian cuci dengan air dan sabun. Setelah itu kalian bisa membersihkan freezer dengan mencairkan es yang menempel di dinding freezer. Setelah es mencair kalian bisa mengelap bagian dalam freezer dengan menggunakan lap. Kemudian kalian bisa memasang rak rak tersebut ke posisi awalnya.


 4.       Jangan terlalu sering membuka Kulkas jika listrik padam.

 Cara keempat untuk merawat kulkas agar tahan lama adalah jangan terlalu sering membuka kulkas jika listrik padam. Jika kalian membuka kulkas terlalu sering maka suhu di dalam kulkas tersebut akan berkurang, sehingga makanan di dalam kulkas kalian akan tidak segar.


 5.       Atur tata letak Kulkas

 Cara kelima untuk merawat kulkas agar tahan lama adalah atur tata letak kulkas.  Jika kalian baru pertama kali membeli kulkas, tentunya kalian akan menaruhnya di dapur agar mudah mengambil bahan bahan untuk memasak. Akan tetapi jangan menaruh kulkas terlalu dekat dengan kompor karena dapat menurunkan kinerja dari kulkas tersebut. Dan yang tak kalah penting lagi adalah berikan jarak sekitar 20 cm bagian belakang kulkas dari dinding. Jarak tersebut berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara pada kondensor. Dan jangan sekali kali menaruh kulkas di tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung.

 6.       Jangan memasukkan makanan panas

 Cara keenam untuk merawat kulkas agar tahan lama adalah  jangan menaruh makanan dengan keadaan panas. Apalagi jika makanan panas tersebut menggunakan wadah kaca, karena akan menyebabkan perubahan suhu dari panas ke dingin yang sangat drastic sehingga bisa membuat kaca pecah. Dan jika makanan yang panas kemudian dimasukkan ke dalam kulkas maka makanan tersebut akan mudah basi.

 7.       Isi kulkas sesuai kapasitas
 Cara ketujuh untuk merawat kulkas agar tahan lama adalah isi kulkas sesuai dengan kapasitas.  Jika kalian pertama kali membeli kulkas, tentunya belilah kulkas dengan kapasitas yang kalian perlukan. Karena jika  kalian mengisi kulkas dengan melebihi kapasitas maka sirkulasi udara akan berkurang. Akibatnya suhu di dalam kulkas tidak terlalu dingin.  Untuk dibagian pintu kulkas sebaiknya jangan menaruh botol besar di rak tersebut karena dapat mengakibatkan pintu kulkas cepat rusak.

 

Sekian dulu penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua.
Baca Juga
Previous Post Next Post