7 Cara Merawat Kamera Agar Tahan Lama || Terlengkap !!


Kamera , apa itu kamera ? kamera merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk aktivitas fotografi. Tidak hanya itu saja dengan menggunakan kamera kalian juga bisa menangkap video juga loh. Kamera pertama kali ditemukan pada abad ke-16 yang ditemukan oleh Johann Zahn. 


Hingga saat ini kamera terus berkembang dengan diiringi majunya teknologi. Nah jika kalian sudah memiliki kamera , jangan lupa merawatnya.Bagaimana sih cara merawat kamera dengan benar ? penasaran , mari simak penjelasan berikut ini !!


1.       Menjaga kebersihan lensa


 

Tips pertama untuk merawat kamera adalah menjaga kebersihan lensa. Karena kalian harus membersihkan lensa tersebut meskipun kalian tidak ingin menggunakannya. Untuk merawat lensa tersebut kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan clianing kit, akan tetapi kalian jangan langsung menyemprotkan cairan tersebut ke lensa, tetapi kalian harus menyemprotkan cairan tersebut ke lap khusus yaitu microfiber, kemudian usapkan lap tersebut ke seluruh bagian lensa.


2.        Bawa kamera dengan menggunakan tas khusus


 

Tips kedua untuk merawat kamera adalah membawanya dengan menggunakan tas khusus. Karena dengan menggunakan tas khusus kamera , bagian kamera tersebut tidak akan mengalami benturan karena sudah dilengkapi bantalan yang sangat lembutdi dalamnya. Di dalam tas tersebut juga terdapat ruang untuk menyimpan beberapa lensa kamera, charger, filter, dan perlengkapan untuk mendukung aktivitas fotografi.



3.       Gunakan pelindung kamera pada LCD kamera.

 


Tips ketiga untuk merawat kamera adalah dengan menggunakan pelindung layar pada LCD kamera. Pelindung tersebut berguna agar LCD kalian tidak mudah tergores atau terkena sidik jari. Bahkan Sceen guard akan menjaga layar LCD agar terlindung dari air dan debu. Biasanya para fotografer sangat meremehkan untuk memasang pelindung LCD ini, karena jika telah menggunakan pelindung tersebut maka LCD kamera kalian akan tetap mulus dan bersih.




4.       Jauhkan kamera dari air

 


Tips keempat untuk merawat kamera adalah jauhkan kamera dari air. Meskipun kebanyakan kamera yang di sudah diklaim waterproof, usahakan jauhi kamera tersebut dari air. Karena meskipun kamera tersebut tahan air , air yang masuk ke dalam kamera bisa merusak komponen internal dari kamera yang kalian miliki. Selain itu sisa dari air yang masuk, akan membuat lensa kalian berembun. Cara satu satunya adalah dengan membersihkan dengan menggunakan Cleaning kit , agar kamera tidak jamuran dan berdebu.


5.       Bersihkan body kamera secara bertahap

 

Tips kelima untuk merawat kamera adalah bersihkan body kamera secara bertahap.jika kalian memiliki sebuah kamera maka kalian harus merawat semua bagian yang terdapat di kamera tersebut. Biasanya kebanyakan orang membersihkan body kamera dengan menggunakan minyak kayu putih. Karena minyak kayu putih memiliki kandungan air yang sangat sedikit sehingga lebih cepat kering. Akan tetapi sekarang sudah terdapat banyak cairan untuk membersihkan body kamera. Kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan lap khusus kemudian bersihkan seluru body kamera, dan jangan lupa kalian bersihkan karet ring Zoom dan ring fokus pada lensa kamera yang kalian miliki.


6.       Pasang lens Hood Pada lensa


 



Tips keenam untuk merawat kamera adalah dengan memasang lens Hood pada lensa. Fungsi dari Lens Hood hanyalah sebagai alat untuk mencegah cahaya yang berlebih masuk ke dalam sensor kamera. Karena jika sensor kamera secara terus menerus terkena cahaya yang berlebihan maka sensor kamera yang kalian miliki akan mengalami kekurangan kepekaan sensor.






7.       Pasang Filter


Tips ketujuh untuk merawat kamera adalah dengan memasang filter. Filter sendiri tidak akan mengurangi kualitas dari bidikan foto. Karena filter sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kamera dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Selain itu filter tersebut memiliki fungsi untuk mencegah kotoran menempel di lensa kamera kalian.







KESIMPULAN


Nah begitulah cara untuk merawat kamera dengan benar. Jika kalian rutin membersihkan kamera dengan cara di atas, maka kamera kalian akan tahan lama. Selamat mencoba semoga sukses.

Baca Juga
Previous Post Next Post