Kalian Harus Tahu, Inilah 5 Cara Menyimpan Daging Sapi Agar Tahan Lama !!

Hari Raya Idul Adha sudah tinggal menghitung waktu saja. Sudah banyak orang yang memiliki rencana untuk berkurban sapi atau kambing. Hal ini merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat setelah sholat ied. Biasanya hewan kurban tersebut dikumpulkan di suatu lapangan untuk disembelih. Nah daging kurban tersebut dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Nah maka dari itu biasanya kalian akan mendapatkan daging kurban yang lumayan banyak tapi bingung cara menyimpannya bagaimana ? kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menyimpan daging sapi di kulkas, tanpa menghilangkan nutrisinya.

  • Perhatikan warna daging

Cara pertama untuk menyimpan daging sapi di dalam kulkas kalian harus terlebih dahulu memperhatikan warna daging sapi tersebut. Pada umumnya daging sapi segar yang baru disembelih biasanya berwarna merah segar, tidak berlendir dan memiliki bau yang khas.

Akan tetapi jika kalian menemukan daging sapi yang memiliki daging berwarna gelap akan tetapi baru disembelih, maka jangan anggap daging sapi itu tidak layak untuk dimakan. Bisa jadi penyebab perubahan daging menjadi gelap dikarenakan sapi sebelum disembelih tidak cukup istirahat.

setelah itu kalian jangan sesekali mencuci daging sapi tersebut dengan menggunakan air, dikarenakan daging yang terkena air akan mudah dihinggapi oleh bakteri berbahaya.

  •  Potong daging sapi



Cara selanjutnya kalian bisa memotong daging sapi kecil kecil sesuai standar konsumsi. Pemotongan daging ini memiliki fungsi untuk memudahkan pengolahan daging sapi setelah disimpan ke dalam kulkas.Nah pada saat memotong alangkah baiknya kalian mencuci daging terlebih dahulu agar tidak ada kuman yang menempel.



  • Pisahkan daging degan jeroannya


Langkah selanjutnya , kalian bisa memisahkan daging sapi dengan jeroannya. Pemisahan ini memiliki fungsi agar daging sapi yang sudah dipotong potong tadi tidak terkontaminasi dengan jeroan tersebut.

  • Wadah daging sapi

Berikutnya kalian harus menyimpan daging sapi ke dalam wadah yang pas. Kalian bisa menggunakan wadah plastik yang bisa ditutup rapat . Jangan sesekali kalian menyimpan potongan daging sapi tersebut ke dalam plastik kresek yang berwarna warni, dikarenakan benda tersebut tidak termasuk wadah food grade yang belum terjamin keamanannya. Jika kalian menyimpannya dengan wadah yang benar, maka daging sapi tersebut bisa bertahan hingga rentang waktu 1 tahun loh.

  • Pembekuan daging sapi

Langkah yang terakhir adalah kalian harus mengatur suhu pada kulkas sedingin mungkin dikarenakan dengan kondisi dingin maka daging sapi akan bertahan lebih lama. Biasanya pada freezer suhu yang cocok untuk menyimpan daging sapi adalah -18 derajat celcius. Mengapa sampai suhu minus ? dikarenakan pada suhu -18 derajat celcius daging sapi akan aman dan tidak akan terkontaminasi oleh bakteri jahat.

Jika ingin dikonsumsi usahakan ambil seluruh daging yang ada pada wadah tersebut , jangan sesekali menaruh daging yang sudah dicairkan ke dalam kulkas, dikarenakan daging tersebut akan mudah terkontaminasi oleh bakteri dan mudah membusuk

KESIMPULAN

Nah itulah tips bagaimana cara menyimpan daging sapi yang benar agar tidak mengurangi nutrisinya. Meskipun dalam rangka hari raya Idul Adha , kalian tidak boleh mengkonsumsi daging sapi secara berlebihan loh, karena daging sapi dapat meningkatkan kolesterol,sakit kepala,peradangan,dehidrasi,dan masalah pencernaan.
Baca Juga
Previous Post Next Post