Apasih Perbedaan Antara Mixer dan Blender ??

Blender dan Mixer merupakan salah satu alat yang sering kalian jumpai di dapur. Biasanya alat tersebut digunakan untuk menghaluskan bahan atau mencampurkan bahan. Akan tetapi kalian tahu gak perbedaan antara Blender dan Mixer ? Nah jika kalian belum mengetahui apa perbedaan dari kedua alat tersebut mari simak penjelasan dibawah ini.


  •  Blender 

Blender adalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. Pisau berbentuk seperti sebuah baling-baling pendek yang dipasang pada bagian bawah wadah.
Jika kalian menggunakan blender kalian bisa melakukan hal berikut ini :
1.       Mencacah / mencincang
Hal pertama yang bisa dilakukan oleh blender adalah bisa mencacah / mencincang makanan. Biasanya kalian bisa mencacah/ mencincang makanan yang sedikit keras seperti rempah – rempah di dapur dan kacang kacangan. Selain itu kalian juga bisa mencacah dan mencincang bahan yang bertekstur ulet. Seperti daging ayam, daging sapi dan lainnya.
2.       Membuat remah remah.
Hal kedua yang bisa dilakukan oleh blender adalah membuat remah remah. Biasanya remah remah ini bisa dibuat dengan menghancurkan biscuit, roti cracker dan lain lainnya. Remah remah tersebut biasanya digunakan sebagai penghias kue agar terlihat lebih indah jika dipandang.
3.    Membuat saus sendiri
Hal ketiga yang bisa dilakukan oleh blender adalah membuat saus sendiri. Tentunya dengan alat ini kalian bisa membuat saus sesuka selera kalian. Dengan membuat saus sendiri kalian bisa menjamin kesehatan dan kehiegenisan dari saus tersebut. Biasanya saus yang bisa kalian buat dengan menggunakan blender seperti saus keju, saus bolognese, saus teriyaki.
4.       Mencacah Es
Hal keempat yang bisa dilakukan oleh blender adalah mencacah es. Tentunya untuk menghasilkan es yang halus kalian sudah tidak perlu lagi untuk memarut nya karena membutuhkan waktu yang sangat lama. Dengan menggunakan blender kalian bisa memasukkan sekitar setengah dari ukuran wadah kemudian kalian bisa langsung menekan tombol start untuk menghaluskan es tersebut. Kalian bisa membuat cacahan es yang halus atau tidak.
5.       Membuat bubur untuk bayi
Hal kelima yang bisa dilakukan oleh blender adalah membuat bubur untuk bayi. Tentunya di zaman sekarang bubur bayi sudah banyak terjual di minimarket. Akan tetapi apakah makanan tersebut baik untuk bayi. Jika kalian masih khawatir kalian bisa menggunakan blender untuk membuat bubur sendiri. Kalian bisa membuat bubur dari buah atau sayuran tentunya bubur tersebut sudah dijamin sehat bagi bayi dan menurunkan pengeluaran bulanan kalian.


  • Mixer

Mixer atau alat pengaduk adalah alat mekanis yang digunakan untuk mencampur bahan adonan yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue. Pencampuran ini dikenal dengan mix dalam bahasa Inggris, sehingga alatnya dikenal dengan nama pencampur ('mixer'). Mixer terbagi menjadi 2 yaitu Hand Mixer dan Stand Mixer.
1.       Hand Mixer
Hand mixer merupakan alat yang digunakan untuk mencampur berbagai macam bahan menjadi satu. Biasanya alat ini memiliki 2 pengocok yang berputar dan digunakan untuk mengaduk bahan makanan yang diletakkkan dalam mangkuk, baskom, atau wadah cekung. Hand mixer biasanya digunakan untuk mengocok telur, membuat adonan kue dan whipping cream.
2.       Stand Mixer
Stand mixer merupakan alat yang digunakan untuk mencampur bahan adonan untuk membuat kue. Dengan menggunakan stand mixer ini kalian tidak perlu lagi memegang mixer, tentunya kalian hanya perlu menaruh berbagai bahan yang dibutuhkan kemudian tekan tombol start dan tentukan kecepatan yang diinginkan. Sambil menunggu adonan selesai kalian bisa beristirahat sejenak
Baca Juga
Previous Post Next Post