Teknologi Modern di Bidang Pertanian Terbaru 2020

Pertanian merupakan salah satu bidang yang sangat penting bagi manusia, dikarenakan dengan adanya pertanian disitulah awal mula makanan yang bisa di olah oleh manusia. Jika masih menggunakan cara yang tradisional maka harus memerlukan waktu yang lama, akan tetapi dengan berkembangnya teknologi hal tersebut sudah kita jarang lihat, karena banyak yang menggunakan teknologi modern untuk mengolah pertanian. Penasaran apa saja teknologi tersebut ? mari simak penjelasan berikut ini :

1.       Traktor


Untuk alat yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan, karena traktor merupakan alat untuk mengolah tanah . traktor memiliki 2 macam yaitu untuk mengolah tanah berlumpur dan tanah kering. Jadi jika ingin mengolah tanah berlumpur maka traktor harus menggunakan roda rantai. Sedangkan jika untuk mengolah tanah kering traktor harus menggunakan roda 2 yang berfungsi untuk menghancurkan tanah yang kering.



2.       Rotavator
Alat untuk mengolah tanah modern yang kedua adalah Rotavator. Untuk alat yang satu ini terbilang alat yang masih baru karena jarang digunakan oleh para petani. Rotavator sendiri merupakan sebuah alat yang bisa mengolah tanah pertama dan kedua. Pertama alat ini bisa digunakan untuk memotong,mencacah,juga membolak balik tanah. Kedua alat ini juga bisa merapikan tanah agar siap untuk ditanami tumbuhan. Dengan menggunakan alat ini kalian juga bisa menghilangkan tanaman yang mengganggu.
3.       Bajak singkal
Alat untuk mengolah tanah modern yang ketiga adalah bajak Singkal. alat ini memiliki 2 jenis yaitu bajak singkal dengan 1 arah dan 2 arah. Alat tersebut berfungsi untuk membolak balik tanah saja.
4.       Garu Sisir
Alat untuk mengolah tanah modern yang keempat adalah Garu Sisir. Alat ini biasanya digunakan setelah alat bajak singkal selesai bekerja, jadi alat garu sisir bertugas untuk menggemburkan tanah dalam keadaan basah.
5.       Garu Piring
Alat untuk mengolah tanah modern yang kelima adalah Garu Piring. Alat ini biasanya digunakan untuk membersihkan tanaman liar yang terdapat di lahan tanam. Alat yang satu ini juga berguna untuk menutupi benih yang telah tersebar di area lahan tanam.
6.       Bajak Subsoil
Alat untuk mengolah tanah modern yang keenam adalah bajak Subsoil. Alat yang satu ini berfungsi untuk memecahkan tanah, biasanya alat ini digunakan untuk lahan yang sangat kering. Jadi dengan menggunakan alat ini petani bisa memecahkan tanah hingga kedalam 20 sampai 36 inch.

  • ALAT UNTUK MENANAM TANAMANA :


1.       Seed Drill


Alat untuk menanam tanaman yang pertama adalah Seed Drill. Alat yang satu ini biasa digunakan untuk menanam benih biji-bijian. Jadi alat ini akan menaburkan benih yang sudah di program sebelumnya. Jadi setelah butiran benih ditaburkan terdapat perangkat yang akan menutup benih tersebut dengan tanah.
2.       Transplanter


Alat untuk menanam tanaman yang kedua adalah transplanter. Alat yang satu ini sangat membantu petani untuk menanam bibit pade karena kalian hanya harus mendorong alat tersebut, maka bibit padi akan langsung tertanam dengan rapi.


  • ALAT UNTUK MEMANEN HASIL PERTANIAN :
1)      Combine Harvester
Alat untuk memanen hasil pertanian yang pertama adalah Combine harvester. Alat yang satu ini berfungsi untuk memanen tanaman padi, jadi padi akan terpotong secara otomatis dan akan merontokkan butiran gabah dengan batang padi. Yang sangat hebat dengan alat yang satu ini adalah bisa membersihkan gabah sambil berjalan mengelilingi lahan pertanian tersebut. Jadi dengan bantuan alat yang satu ini para petani akan diuntungkan karena tidak perlu membayar untuk orang yang memotong dan membersihkan gabah untuk menjadi beras.



Baca Juga
Previous Post Next Post