Jadi Inilah 6 Alat Berat Yang Digunakan Untuk Membangun Gedung Pencakar Langit !!

Pernahkah kalian berfikir bagaimana cara membangun sebuah gedung pencakar langit itu ? Tentunya difikiran kalian melintas bahwa terdapat alat berat yang membantu untuk mengangkat dan memindahkan bahan baku bangunan tersebut . Apa kalian yakin jika manusia dengan menggunakan kekuatan ototnya bisa mengangkat beton yang sangat besar itu ?? tentunya sangat mustahil, maka dari itu dibuatlah alat berat yang memiliki fungsi untuk mengangkat dan memindahkan bahan bangunan yang sangat berat.

Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya, serta sistem kendali.

1.       Crane crawler
Alat berat modern yang pertama adalah crane Crawler. Alat berat yang satu ini sering kalian jumpai di proyek pembangunan. Crane crawler memiliki jangkauan yang tidak begitu panjang akan tetapi bisa bergerak 3600 . kemampuan inilah yang menyebabkan alat berat ini dapat bergerak secara leluasa di dalam area proyek. Alat berat ini bisa mengangkat beban 40 sampai 3500 ton. Untuk memindahkan alat berat ini kalian bisa membongkarnya kemudian mengangkutnya dengan menggunakan truk atau kapal laut.
2.       Tower Crane

Alat berat modern yang kedua adalah tower crane. Alat berat yang satu ini sangat berbeda dengan alat berat lainnya. Karena alat berat ini hanya memiliki kemampuan untuk mengangkat material secara horizontal dan vertical dengan ruang gerak yang terbatas. Tower crane ini biasanya digunakan untuk proyek proyek besar untuk membangun gedung bertingkat dan jembatan. Akan tetapi jika kalian ingin menggunakan alat yang satu ini, kalian harus memperhitungkan kekuatan angina, yunan beban, kecepatan pemindahan beban dan pengereman mesin yang akan menentukan kapasitas tower crane. Jika penempatan tower ini tidak tepat maka alat berat itu tidak akan bekerja dengan maksimal.
3.       Hoist Crane
Alat beRat modern yang ketiga adalah hoist crane. Alat berat yang satu ini sangat berbeda dengan alat berat di atas karena biasanya alat berat berada di luar ruangan, Tidak dengan alat yang satu ini, karena alat yang satu ini bekerja di dalam ruangan. Biasanya kalian bisa menemukan alat berat ini di pabrik pabrik besar yang membutuhkan alat untuk mengangkat beban berat.
4.       Forklift

Alat berat modern yang keempat adalah Forklift. Alat berat yang satu ini berfungsi untuk mengangkat barang saja. biasanya kalian bisa menjumpai alat yang satu ini di gudang industri besar. Forklift bisa memindahkan barang dengan jarak yang jauh maupun dekat. Alat yang satu ini menggunakan diesel sebagai penggeraknya. alat berat ini bisa mengangkat beban sekitar 2,5 ton sampai 15 ton. Jenis jenis forklift sangat banyak seperti forklift reach truck, forklift electric, forklift diesel, dan forklift gasoline. Selain forklift yang menggunakan mesin, terdapat juga hand forklift (stacker) yang menggunakan pompa hidrolis. Untuk memindahkan hand forklift atau stacker ke tempat lain ada yang menggunakan tenaga manusia (didorong) atau menggunakan motor.
5.       Mobile crane / truk crane
Alat berat modern yang kelima adalah truk crane. Jadi alat berat yang satu ini bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan waktu yang singkat. Kendaraan ini sudah diengkapi dengan angkat di bagian atas, yang sudah memiliki tiang yang berfungsi sebagai kaki untuk menjaga keseimbangan truk. Alat yang satu ini bisa mengangkat beban yang sangat berat dan kemampuan lainnya adalah truk ini bisa berputar 3600 .
6.       All terrain Crane

Alat berat modern yang keenam adalah all terrain crane. Jadi alat yang satu ini sama seperti namanya yaitu memiliki berbagi macam fungsi. Alat berat ini tidak hanya bisa mengangkat beban yang sangat berat saja, tetapi bisa melewati medan yang sulit, berbatu,kasar dan lain lainnya. Sehingga alat yang satu ini sering digunakan untuk membangun proyek di daerah yang belum pernah dijangkau.



Baca Juga
Previous Post Next Post