Gitar Listrik Pengertian dan Penjelasan Bagian-Bagian !!

Pengertiasn dan Penjelasan Bagian-Bagian Gitar Listrik !!

Gitar listrik merupakan alat music yang sering digunakan oleh banyak orang. Kebanyakan orang menyebut gitar ini dengan sebutan gitar serbaguna, dikarenakan kalian bisa menggunakan gitar baik aliran musik, jazz, indie, blues hingga rock, country, dan heavy metal.

Gitar listrik adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut "pick up".

 Bagian dari gitar listrik yaitu Headstock (Kepala Gitar), Nut, Tuner, Fret, Neck (Leher Gitar) , Penghubung , Body (Badan Gitar) , Bridge , Pickup , Volume / Tone Controls , Senar (String), Tuning Lock , Fretboard / Fingerboard, Strap Pin , Pickup Selector. Berikut merupakan penjelasan dari bagian bagian gitar listrik.
  1. Headstock (Kepala gitar)
Headstock (Kepala gitar) merupakan bagian paling atas dari gitar listrik. Fungsi dari headstock merupakan sebagi tempat tuner dan logo dari yang membuat gitar.  Dibagian ini juga terdapat Nut gitar yang digunakan sebagi bantalan senar gitar.
  1. Nut
Nut merupakan sebuah bantalan kecil yang berfungsi untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Jika gitar yang dibuat tidak memilki nut maka suara gitar akan tidak terdengan nyaring. Kebanyakan gitar yang dibuat sudah memiliki nut dan memiliki warna umum yaitu putih.
  1. Tunner
Tunner merupakan bagian dari gitar yang berfungsi untuk mrnjsgs steman gitar agar tidak berubah. Tuner sendiri biasanya dibuat dari bahan metal / stainless steel. Jumlah tunner yang terdapat di gitar ini sama dengan banyakknya senar yang digunakan yaitu 6 buah tunner.
  1. Fret
Fret merupakan bagian dari gitar listrik yang memiliki fungsi untuk menentukan nada pada senar dan juga memiliki fungsi untuk menentukan tinggi redahnya nada , pada saat kalian memetik senarnya. Fret ini terbuat dari bahan logam yang terdapat di fingerboard / fretboard. Jumlah dari fret sendiri adalah 19 buah.
  1. Neck (Leher gitar)
Neck merupakan bagian dari gitar listrik yang memiliki fungsi sebagi tempat tangan kalian pada saat memagang gitar. Umumnya neck ini terbuat dari kayu yang bagus dengan bentuk yang lurus. Jika bentuknya sudah tidak lurus lagi maka kualitas gitar tersebut sudah tidak standart lagi.
  1. Penghubung
Penghubung pada bagian gitar ini memiliki fungsi untuk menghubungkan antara leher gitar dengan badan gitar, biasanya penghubung ini terbuat dari kayu yang berkualitas bagus.
  1. Body gitar
Body merupakan bagian dari gitar yang sangat besar, dikarenakan bagian bodi ini merupakan salah satu bagian yang sangat menonjol dari sebuah gitar. Biasanya body gitar ini dibuat dengan bentuk yang bervariasi.
  1. Bridge
Bridge merupakan bagian dari gitar yang memiliki fungsi untuk mengaitkan senar gitar dengan body gitar.
  1. Pickup
Pickup merupakan bagian dari gitar yang memiliki fungsi sebagia tranduser yang menangkap getaran mekanik dari senar dan akan dirubah menjadi sinyal analog yang akan diteruskan ke ampli gitar dank e spiker yang tersedia.
  1. Volume
Volume merupakan bagian dari gitar yang memiliki Fungsi untuk mengontrol output suara gitar mulai dari tanpa suara hingga suara yang paling keras.
  1. Tune Controls
Tune Controls merupakan bagian dari gitar yang berfungsi untuk mengubah suara output gitar menjadi rendah atau nge bass.
  1. Senar Gitar
Senar gitar merupakan bagian dari gitar yang memiliki bagian gitar yang sering kita mainkan dengan cara dipetik. Jumlah senar pada gitar pada umumnya saat ini adalah 6 senar dengan urutan senar nomor satu pada senar paling bawah sampai senar nomor 6 pada senar paling atas. Masing masing senar tersebut memiliki nada yang berbeda beda seperti E,A,D,G,B,E’ .
  1. Starp in
Starp in merupakan bagian dari gitar yang memiliki bentuk kecil yang terbuat dari besai dan memiiki fungsi untuk mengaitkan senar gitar dengan tali/sabuk yang biasanya digunakan pada saat tempil di atas panggung.
  1. Out Put Jack
Out Put jack merupakan bagian dari gitar yang memiliki fungsi sebagai tempat di coloknya kabel jack yang nantinya dihubungkan ke audio sound.

Sekian dulu penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga
Previous Post Next Post