Kalian Harus Tahu, Inilah Perbedaan istilah Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan.

Perbedaan istilah Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan.

Perbedaan Istilah pramuka, kepramukaan dan gerakan pramukan


Assalamualaikum Wr Wb

Salam Pramuka !!! 
Berjumpa lagi dengan kami, di blog Dulu OFFICIAL. Nah, sesudah kalian mengenal ambalan kami. Sekarang saya akan memberi sedikit materi dasar tentang kepramukaan. Saya akan menjelaskan perbedaan dari istilah Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan. Langsung saja saya jelaskan yah kakak.

Pastinya seorang pramuka mengetahui tentang istilah Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan. Akan tetapi, banyak yang masih belum mengetahui maksud dari istilah tersebut. Sebelum itu, kakak-kakak harus tahu arti dari kata Pramuka. Kata Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yaitu Praja berarti sekelompok, Muda berarti pemuda-pemudi, dan Karana berarti suka berkarya. Jadi, kata Pramuka bisa diartikan sebagai para pemuda-pemudi yang suka berkarya.


Setelah itu, kakak harus tahu perbedaan dari istilah Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan. Istilah Pramuka, merupakan sebuah organisasi. Organisasi yang mewadahi untuk pemuda-pemudi Indonesia untuk meningkatkan minat dan bakat mereka, juga menambah wawasan dan pengalaman tentang pramuka. 


stilah Gerakan Pramuka, merupakan anggota pramuka. Gerakan Pramuka Indonesia yang bermaksud anggota pramuka di seluruh Indonesia. Istilah Kepramukaan, merupakan proses pendidikan diluar lingkungan sekolah atau berbagai materi yang bisa didapat dengan mengikuti pramuka. Seperti halnya materi Sandi Morse dan Simaphore juga sandi-sandi lainnya, 

Tali-temali, PBB (Peraturan Baris Berbaris), dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu, para pemuda-pemudi Indonesia dapat menambah wawasan dan pengalaman yang menyenangkan. Dengan mengikuti pramuka, kita juga dapat membentuk karakter diri kita. 

Kita juga bisa mengikuti berbagai ajang perlombaan pramuka yang setiap tahunnya banyak sekali ajang perlombaan. Jadi, marilah jadi generasi muda yang kreatif, generasi bangsa yang aktif, dan generasi millenial yang produktif.
Dengan Pramuka Indonesia Jaya...

Salam Pramuka !!!

Sekian dulu yah kakak..

Terima kasih telah berkunjung di blog kami. Mohon maaf jika ada kekurangan karena kita bukanlah manusia yang sempurna. Semoga bermanfaat dan selamat berjumpa kembali di artikel berikutnya. 

Wassalamualaikum Wr Wb
Baca Juga
Previous Post Next Post