Inilah Kegiatan Pramuka Menurut Tingkatannya... Baca Yuk !!



Kegiatan Pramuka Menurut Tingkatannya


Assalamualaikum Wr Wb

Salam Pramuka !!!


Selamat datang di Blog DULuUOFFICIAL. Kali ini kita akan membahas tentang macam – macam kegiatan yang ada di pramuka menurut tingkatannya. Di dunia Kepramukaan, tentu banyak sekali kegiatan yang sering diikuti oleh Anggota Pramuka sesuai dengan Tingkatannya. Namun, walaupun dibagi menurut tingkatannya, ternyata ada juga lohh kegiatan – kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh Anggota Pramuka tanpa mengenal tingkatan. Kuyss kita kepoin!!!!!


A. Kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh Anggota Pramuka :


         i.            Jambore On The Air (JOTA)


Jambore On the Air



          Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkedok pertemuan Pramuka. Kegiatan ini acap kali dilaksanakan melalui via udara dimana mereka juga bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Dengan menggunakan perangkat radio amatir (baik dengan mode CW, maupun mode SSB), seluruh pramuka di Dunia dapat melangsungkan proses komunikasi.



      ii.        JAMBORE ON THE INTERNET (JOTI)


Kegiatan ini juga memiliki keselarasan yang setara dengan JOTA. Namun yang membedakannya ialah kegiatan ini dilaksanakan melalui via internet dengan menggunakan kanal IRC sehingga untuk dapat mengikuti kegiatan ini setiap komputer wajib memiliki software berupa chat IRC seperti mIRC atau XChat.


    iii.        Estafet Tunas Kelapa (ETK)


Estafet Tunas Kelapa


          Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Pramuka ini dilakukan dengan cara pengiraban Pramuka secara estafet dengan membawa obor, Bendera Merah Putih dan Panji Kepramukaan. Panitia ETK merupakan golongan Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.



B.     Kegiatan yang terdapat di setiap tingkatan Pramuka :


A. SIAGA

                              I.            Pesta Siaga


kegiatan Siaga


Kegiatan yang bertujuan untuk Mempertemukan seluruh anggota siaga ini dibagi dalam beberapa macam kegiatan, diantaranya Permainan Bersama (Menyusun Puzzle, Mencari Jejak, dan lainnya), Pameran Siaga, Pasar Siaga (Bazar), Darmawisata, Pentas Seni Budaya, Karnaval, dan ditutup dengan Perkemahan Satu Hari (Persari).

         
          B. PENGGALANG


                            I.                   JAMBORE




Kegiatan Pramuka Penggalang



          Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Jambore Ranting, Jambore Cabang, Jambore Daerah, Jambore Nasional, Jambore Regional dan Jambore Dunia.



                         II.                   Lomba Tingkat


Lomba Tingkat


          Lomba Tingkat (LT) adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan beregu atau perorangan atas nama regu. Lomba Tingkat terdiri atas LT-I (Tingkat Gugus Depan), LT-II (Tingkat Kwartir Ranting), LT-III (Tingkat Kwartir Cabang), LT-IV (Tingkat Kwartir Daerah), dan LT-V (Tingkat Kwartir Nasional).


                      III.                   Perkemahan Bhakti


Kegiatan Pramuka Menurut Tingkatannya


          Perkemahan Bakti (PB) adalah kegiatan Pramuka Penggalang dalam rangka bhakti pada masyarakat yang biasanya berwujud peran serta dalam kegiatan pembangunan.




                      IV.                   Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) 



Kegiatan Pramuka Menurut Tingkatannya



Gladian Pimpinan Regu (DIANPINRU) adalah kegiatan Pramuka Penggalang khusus Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru)  yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Gugus Depan, Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang.


                         V.                   Perkemahan Penggalang


          Perkemahan Penggalang adalah Perkemahan yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan gugus depan dalam satu periode. Perkemahan ini banyak macamnya, seperti Perkemahan Pelantikan Penggalang Baru, Perkemahan Kenaikan Tingkat (dari Penggalang Ramu ke Penggalang Rakit atau dari Penggalang Rakit ke Penggalang Terap), Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami), Perkemahan Hari Libur. Perkemahan ini juga merupakan gerakan penghibur dan pengetahuan bagi mereka yang tak pernah mengenal dunia luar. Selain itu, perkemahan ini juga dapat dipakai oleh Penggalang Muhammadiyah yang sering disebut Hizbul Wathan (HW).


                           VI.                   Forum Penggalang


          Forum Penggalang adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan hasil kajian tersebut serta memecahkan masalah secara bersama.


                        VII.                   Penjelajahan

Penjelajahan, adalah Penjelajahan dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang Ilmu Medan, Peta, Kompas, dan Survival.

               


          C.  PENEGAK dan PANDEGA



I.                   RAIMUNA



          Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional.



II.                Gladian Pimpinan Satuan (dianpisat)



Hasil gambar uKegiatan Pramuka Menurut Tingkatannyantuk Gladian Pimpinan Satuan



          Gladian Pimpinan Satuan adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinsat diselenggarakan oleh Gugus Depan, Kwartir Ranting atau Kwartir Cabang.




III.             Perkemahan Penegak Pandega



          Perkemahan ini merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di Gugus Depan dalam satu periode, seperti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami), Perkemahan Hari Libur, dan sebagainya.


IV.                 Perkemahan Wirakarya (pw)





Perkemahan Wirakarya (PW) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk Perkemahan Akbar yang diselenggarakan secara reguler. Perkemahan ini dilaksanakan dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

V.                    Perkemahan Bhakti (perti)



Kegiatan Pramuka Menurut Tingkatannya


          Perkemahan Bakti (PERTI) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk Perkemahan Akbar. Perkemahan ini dilaksanakan dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengadakan pembinaan, baik di Gugus Depan maupun di Satuan Karya Pramuka (SAKA) dalam bentuk bakti kepada masyarakat.


VI.                  PERKEMAHAN ANTAR SAKA (PERAN SAKA)

Kegiatan Pramuka Menurut Tingkatannya


Perkemahan Antar Saka (PERAN SAKA) merupakan Kegiatan Pramuka yang diikuti oleh seluruh Anggota Saka, baik Penegak maupun Pandega yang berbentuk perkemahan besar. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka.


VII.               PENGEMBARAAN


Pengembaraan adalah Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kegiatan ini berbentuk penjelajahan, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang Ilmu Medan, Peta, Kompas dan Survival.


VIII.            Latihan Pengembangan Kepemimpinan (lpk)



Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) adalah Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi muda agar dapat ikut serta dalam mengelola Kwartir dan diharapkan di kemudian hari mampu menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuka.


IX.                  Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (PPDK)


Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (PPDK) adalah Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota Dewan Kerja untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai pengelolaan Dewan Kerja, sehingga nantinya para anggota Dewan Kerja di wilayah binaannya dapat mengelola dewan kerjanya secara efektif dan efisien.


X.                     Kursus Instruktur Muda


Kursus Instruktur Muda, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengembangkan Potensi Pramuka, baik sebagai Pribadi, kelompok maupun organisasi untuk mensukseskan pelaksanaan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan dan Penanggulangan Bencana.


XI.                  Penataran, Seminar dan Lokakarya


Penataran, Seminar, dan Lokakarya merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama yang nantinya akan berguna sebagai bahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka.


XII.                Sidang Paripurna



Sidang Paripurna merupakan Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang tergabung dalam Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun program kerja (Progja) Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam satu tahun dan akan dijadikan bahan dalam Rapat Kerja Kwartir.


XIV.       Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera)

Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (MUSPPANITERA) adalah Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir / dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.


XV.         
Ucap Ulang Janji


Ucap Ulang Janji adalah Upacara Pengucapan Ulang Janji (Trisatya) bagi Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus dalam rangka Hari Ulang Tahun Pramuka.

      
      D.  Kegiatan Pramuka Dewasa


  1.      Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD)
  2.      Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML)
  3.      Kursus Pelatih Pembina Pramuka Dasar (KPD)
  4.      Kursus Pelatih Pembina Pramuka Lanjutan (KPL)
  5.      Musyawarah Gugusdepan (Mugus), Musyawarah Ranting (Musran), Musyawarah Cabang (Muscab), Musyawarah Daerah (Musda) dan Musyawarah Nasional (Munas)
  6.      Ulang Janji

Sekian dulu penjelasan dari saya , semoga bermanfaat bagi kakak - kakak semua...
Baca Juga
Previous Post Next Post