Wooow... Inilah 8 Komponen Pada Kulkas dan Fungsinya || Terlengkap !!


Selamat datang di Blog RZainuri, kali ini saya akan menjelaskan tentang Fungsi komponen-komponen dari kulkas. Tentunya jika kalian memiliki kulkas , kemudian kulkas kalian bermasalah kalian mesti bingung kan. Jadi di artikel ini saya akan memberikan suatu ilmu bagi kalian agar kalian tahun fungsi dari setiap komponen kulkas. Oke agar tidak berlama lama saya akan menjelaskan tentang Fungsi komponen komponen kulkas.


1.       Overload

8 Komponen Pada Kulkas dan Fungsinya


Komponen pertama dari kulkas adalah Overload. Fungsi dari komponen tersebut adalah mampu secara otomatis memutus aliran jika mendeteksi adanya suhu panas yang berlebihan . untuk letak komponen ini menempel pada kompresor dan berfungsi agar tidak terjadi konsleting ketika kompresor mengalami overheating atau panas yang belebihan dai dalamnya.



2.       Timer Otomatis


Komponen kedua dari kulkas adalah Timer Otomatis. Fungsi utama komponen ini adalah untuk mengatur arus listrik pada rangkaian kulkas. Jadi biasanya pada kulkas tidak menggunakan timer, akan tetapi menggunakan PCB Modul sebagai alat untuk mengontrol listrik. Kalian hanya bisa melihat komponen ini di kulkas 2 pintu saja dan terletak di bagian liar atas kulkas dan sangat dekat dengan kompresor.




3.       Heater Kaca


8 Komponen Pada Kulkas dan Fungsinya


Komponen ketiga dari kulkas adalah heater kulkas. Fungsi utama komponen ini adalah untuk mencairkan bunga es yang menimbun di freezer sehingga gumpalan yang tertimbun tidak semakin tebal dan menutup seluruh bagian freezer. Kalian hanya bisa melihat komponen yang satu ini di kulkas 2 pintu saja.


4.       Kompresor


8 Komponen Pada Kulkas dan Fungsinya
Komponen keempat dari kulkas adalah kompresor. Fungsi utama komponen yang satu ini adalah untuk memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas sampai rak rak kulkas. Cara kerja kompresor dibagi menjadi dua cara.
a.       Pertama adalah sebagai alat penghisap. Dalam hal ini kompresor menciptakan proses yang nantinya membuat cairan refrigerant akan di kondensasi.
b.     Kedua adalah sebagai alat penekanan. Kompresor akan memproses bagian refrigerant sehingga menghasilkan gas yang dapat ditekan agar tekanan yang sudah tinggi tersebut di alirkan menuju kondensor.


  5.       Filter


8 Komponen Pada Kulkas dan Fungsinya



Komponen kelima dari kulkas adalah Filter. Fungsi utama komponen ini adalah untuk menyaring segala bentuk benda asing yang masuk bersamaan dengan aliran pendingin yang mengalir. Biasanya benda yang sering ter saring adalah debu, bakteri , dan jamur jika hal itu dibiarkan menumpuk pada kompresor dan akan menyumbat aliran pendingin ke seluruh bagian kulkas. Dengan adanya komponen ini maka pendingin yang disalurkan akan bebas dari kotoran kotoran lainnya.



6.       Kondensor

8 Komponen Pada Kulkas dan Fungsinya


Komponen keenam dari kulkas adalah kondensor. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk memutar aliran kalor yang akan diturunkan temperatur nya dan dirubah dari bentuk zat gas menjadi bentuk cair. Gas yang memiliki tekanan tinggi selanjutnya akan dirubah menjadi bentuk cairan . Letak i kondensor sendiri terletak di depan radiator agar komponen ini tetap dingin pada suhu tinggi. Pipa kondensor di desain berliku pada setiap paralel nya dengan fungsi agar ketika kondensor melepas kalor dapat dilakukan lebih cepat.



7.       Evaporator

8 Komponen Pada Kulkas dan Fungsinya


Komponen ketujuh dari kulkas adalah evaporator. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk menyerap panas dari barang barang yang dimasukkan ke dalam kulkas. Hal tersebut disebabkan karena kondensor butuh untuk mengubah cairan pendingin dan dirubah menjadi gas.



8.       Fuse


Komponen kedelapan dari kulkas adalah Fuse. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk mengatur suhu ruangan di dalam kulkas. Komponen ini menempel dengan thermostat dan evaporator, oleh karena itu alat ini sering disebut dengan Thermo-Fuse karena memang kerja thermostat juga berkaitan erat dengan kerja fuse.



Sekian dulu penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua.
Baca Juga
Previous Post Next Post