Kalian Harus Tahu !!! Jadi Inilah Fungsi Dari Masing Masing Komponen TV...


Selamat datang di Blog RZainuri, kali ini saya akan menjelaskan tentang Komponen komponen yang ada di dalam TV. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan alat elektronik yang satu ini kan. Berkat alat elektronik ini kalian bisa mendapatkan berita terbaru yang terjadi di Indonesia maupun dari luar negeri, bukan itu saja , kalian bisa menonton kartun, film ,dan sinetron .

Oke agar tidak berlama lama saya akan menjelaskan tentang fungsi dari setiap komponen komponen yang ada di dalam TV.


1.       Rangkaian Catu Daya (Power Supply)
Untuk komponen pertama TV adalah Power Supply. Fungsi dari alat yang satu ini adalah mengalirkan arus listrik AC menjadi DC yang kemudian dialirkan ke seluruh komponen lainnya. Untuk rangkaian Power supply sendiri memiliki batas garis putih pada PCB dan daerah di dalam kotak merah.di daerah dalam garis putih inilah daerah yang memiliki listrik bertegangan tinggi (live area). Untuk daerah di dalam garis merah merupakan jalur keluar power supply yang selanjutnya akan di alirkan ke seluruh rangkaian TV dengan tegangan DC.
2.       Rangkaian Penala (Tuner)
Untuk komponen kedua TV adalah Rangkaian Penala. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai penguat frekuensi tinggi atau Penguat HF, pencampur / mixer , dan osilator local. Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menerima sinyal masuk (gelombang TV) dari antenna kemudian dirubah menjadi sinyal frekuensi IF.
3.       Rangkaian penguat IF (Intermediate Frequency)
Untuk komponen ketiga TV adalah rangkaian penguat IF. Fungsi utama komponen ini adalah untuk menguatkan sinyal hingga 1.000 kali. Sinyal output yang dihasilkan penala merupakan sinyal yang sangat lemah sehingga harus dibantu dengan komponen ini pada sinyal pemancar, posisi penerma dan bentang alam.
4.       Rangkaian detector Video
Untuk komponen keempat TV adalah rangkaian detector Video. Fungsi utama komponen yang satu ini adalah untuk mendeteksi sinyal video komposit yang keluar dari penguat IF gambar. Selain itu, rangkaian ini juga memiliki fungsi lainnya seperti peredam seluruh sinyal yang mengganggu. Karena jika terdapat sinyal lain yang masuk akan mengakibatkan kualitas gambar yang sangat buruk. Salah satu sinyal tersebut adalah sinyal suara.
5.       Rangkaian Penguat Video
Untuk komponen kelima TV adalah rangkaian penguat video. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk menguatkan sinyal luminan yang berasal dari detector video sehingga bisa menyalakan layar kaca (catode ray tube). Didalam rangkaian tersebut terdapat juga rangkaian ABL (automatic brightness level) atau pengatur penguat cahaya otomatis yang berfungsi untuk melindungi rangkaian tegangan tinggi dari tegangan muatan lebih yang disebabkan oleh kuat cahaya pada layar kaca.
6.       Rangkaian AGC (Automatic Gain Control)
Untuk komponen keenam TV adalah Rangkaian AGC. Fungsi dari rangkaian yang satu ini adalah sebagai pengatur penguat input secara otomatis. Rankayan ini juga bisa men stabil kan input sinyal televisi yang berubah rubah sehingga menghasilkan output yang dihasilkan menjadi konstan.

 

7.       Resistor
Untuk komponen ketujuh TV adalah Registor. Registor sendiri merupakan sebuah komponen TV yang memiliki fungsi utnuk menahan dan menghambat suatu tegangan untuk melewati suatu rangakain tertentu. Fungsi lainnya dari resistor adalah sebagai pembagi arus listrik, penurun tegangan listrik, dan membagi tegangan listrik.
8.       Induktor
Untuk komponen kedelapan TV adalah Induktor. Inductor sendiri merupakan komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan sebuah energy dengan bantuan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintas. Untuk bentuk dari inductor ini yaitu sebuah kawat yang dirubah mejadi kumparan , karena fungsi lain dari alat ini untuk memproses arus bolak balik.

Sekian dulu penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua.


Baca Juga
Previous Post Next Post