7 Teknologi Modern di Bidang Perikanan Terbaru 2020 !!


Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusiaTeknologi sudah berkembang dari tahun ke tahun, dari Handphone,Laptop ,Komputer dan lain lainnya. Pada akhir akhir ini teknologi sudah merambat ke bidang kesehatan. 

Tentunya di zaman yang serba modern ini sudah tidak asing lagi jika para nelayan yang sudah menggunakan teknologi canggih. Hal itu sulit sekali kita temui pada nelayan yang ada di indonesia, dikarenakan kebanyakan nelayan indonesia menggunakan cara tradisional untuk mencari ikan. Akan tetapi di luar sana , banyak sekali nelayan yang sudah menggunakan teknologi super canggih untuk mencari ikan yang banyak. Penasaran apa saja teknologinya ? mari simak penjelasan berikut ini ...
1.       Sonar

Teknologi untuk membantu nelayan mencari  ikan pertama adalah dengan sonar. Jadi dengan menggunakan sonar para nelayan dapat mendeteksi keberadaan ikan di bawah laut. Jadi cara kerja sonar ini adalah sonar akan mengeluarkan gelombang suara, jadi jika gelombang tersebut mengenai benda di bawah laut maka gelombang tersebut akan kembali lagi dengan memberikan informasi keberadaan benda tersebut. Nelayan sudah mengetahui gelombang tersebut membentur ke karang atau ikan dengan melihat monitor yang sudah terdapat warna dan informasi dari benda tersebut.

2.       GPS dan pegetahuan alam
Teknologi untuk membantu nelayan mencari ikan yang kedua adalah GPS. GPS yang memiliki kepanjangan Global Positioning System merupakan teknologi yang sudah tersambung dengan satelit. Jadi untuk kapal modern di masa ini yang sudah menggunakan GPS akan diberikan petunjuk oleh satelit dimana letak tempat yang terdapat ikan banyak. Biasanya satelit akan memberikan sebuah data seperti kedalaman laut, suhu air dan banyaknya plangton yang terdapat di wilayah tersebut. Nelayan sudah mengerti dengan data yang dikirim oleh satelit, biasanya nelayan akan pergi ke wilayah yang airnya bersuhu hangat dan terdapat banyak plangton, dikarenakan plangkton merupakan salah satu makanan dari ikan yang ada di laut lepas.
3.       Echo Sounder

Teknologi untuk membantu nelayan mencari ikan yang ketiga adalah Echo Sounder. Jadi echo sounder tersebut bekerja dengan cara mengirimkan sinyal yang terdapat di lambung kapal ke bawah laut dan akan dipantulkan kembali ke atas dimana alat yang bernama transduser itu diletakkan. Maka yang akan tampil di monitor seperti denyut nadi manusia. Akan tetapi denyut nadi tersebut berasal dari kantung renang ikan yang membuat mereka terlihat oleh alat ini. biasanya warna ikan akan berwarna orange tua jika dilihat dengan menggunakan radar.

4.       Bream trawl

Teknologi untuk membantu nelayan menangkap ikan yang keempat adalah Bream Trawl. Cara kerja dari alat ini adalah dengan cara menyebarkan jaring yang berbentuk kerucut, sehingga ikan dan makhluk lainnya yang masuk ke jaring tersebut akan terjebak. Alat yang satu ini terbilang cara yang sangat baik untuk merawat ekosistem laut.


5.       Satelit Navigasi System
Teknologi untuk membantu nelayan menangkap ikan yang kelima adalah Satelit Navigasi System. Cara kerja dari alat yang satu ini sama seperti GPS, karena dapat memberikan sebuah informasi seperti suhu permukaan laut, pola angina dan lokasi ikan. Biasanya alat ini memancarkan sebuah sinyal yang dipancarkan oleh sistem navigasi untuk mengecek keberadaan ikan.

6.      Fish Finder

Teknologi untuk membantu nelayan menangkap ikan yang keenam adalah Fish Finder. Jadi alat ini diletakkan dibawah kapal yang sudah dilengkapi dengan sebuah kamera, hasil tangkapan dari kamera tersebut akan ditampilkan di layar. Akan tetapi alat ini masih membutuhkan GPS yang memiliki harga sangat mahal. Akan tetapi meskipun harganya yang cukup mahal akan sebanding loh dengan hasil tangkapan yang akan diperoleh oleh para nelayan tersebut.

7.       RDF
Teknologi untuk membantu nelayan menangkap ikan yang ketujuh adalah RDF. Jadi alat ini bekerja dengan menerima sebuah gelombang radio untuk mengetahui arah dan jarak pemancar. Suara yang dipancarkan akan mengalami penurunan jika target menjauh dan sebaliknya suara akan mengalami peningkatan jika target berada sangat dekat dengan alat tersebut.






KESIMPULAN

Nah jadi itulah 7 Teknologi modern di bidang perikan. Dengan menggunakan teknologi pekerjaan nelayan mencari ikan akan lebih mudah dan cepat. Akan tetapi, dengan menggunakan teknologi itu nelayan harus mengeluarkan uang yang sangat mahal untuk membeli salah satu alat di atas. Dampak negatif dari penggunaan teknologi tersebut salah satunya adalah Sonar. Sonar bisa digunakan untuk mengukur kedalaman laut akan tetapi hal lain terjadi bahwa sonar tersebut membentur kepada hewan laut salah satunya adalah Paus/hiu dengan terkenanya sonar dari kapal , maka hewan tersebut akan kesulitan mengendalikan diri dan akhirnya terdampar di pinggir pantai hingga tewas
Baca Juga
Previous Post Next Post