5 Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Fungsinya

5 Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Fungsinya

Teknologi Ramah Lingkungan merupakan teknologi yang berasal dari bahan baku yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan teknologi ini , maka akan mengurangi penyebaran dan kerusakan pada lingkungan sekitar.Teknologi ini sudah bisa kalian jumpai di bidang Industri,transportasi,energi dan lingkungan.

Fungsi dari teknologi ramah lingkungan yaitu :

  1. Dapat melindungi alam agar tidak mudah rusak
  2. Dapat mengurangi pencemaran limbah ke lingkungan hidup
  3. Mendaur ulang bahan yang bisa digunakan kembali

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan :

  1. Motor Listrik


5 Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Fungsinya


Teknologi yang pertama adalah motor listrik. Teknologi ini dibuat oleh salah satu mahasiswa dari ITS ( Institut Teknologi Sepuluh November ). Motor listrik sendiri merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan yang dibuat oleh mahasiswa ITS. Motor listrik ini sudah diproduksi secara masal pada tahun 2018 dan diluncurkan secara resmi pada tahun 2019. Motor ini memiliki kapasitas 5000 wh atau 5kWH , dan juga bisa menempuh jarak 80 sampai 100 Km setelah mengisi baterai secara full.




  1. Kompor Hydrogen

5 Teknologi Ramah Lingkungan Beserta FungsinyaTeknologi yang kedua adalah Kompor Hydrogen. Teknologi yangs satu ini juga buatan anak bangsa juga loh. Kompor hydrogen ini dibuat oleh dede Miftahul Anwar yang bisa mencari inovasi dari gas elpiji diganti dengan hydrogen atau air. Dede sendiri memerlukan waktu yang cukup panjang untuk menghasilkan teknolgi yang ramah lingkungan tersebut. Sehingga setelah dia sudah membuat teknolgi tersebut dia akan memasarkan alat tersebut dengan harga Rp. 450 ribu dan untuk pengisian gas hydrogen kalian hanya perlu membayar Rp 10 Ribu. Jika kalian berminat untuk membeli produk tersebut kalian bisa mencarinya di internet.
  1. Lemari Es Tanpa Listrik

5 Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Fungsinya


Teknologi  yang ketiga adalah lemari es tanpa listrik. Teknologi yang sangat ramah lingkungan ini dibuat oleh dua siswa SD AL-Azhar 14 Semarang. Sangat mengejutkan bukan karena seorang anak SD saja sudah bisa membuat teknologi seperti itu. Teknologi tersebut sempat mengharumkan nama Indonesia di perlombaan World Creativity Festival Advanced Institue and Technology (KAIST) Daejon, Korea Selatan tahun 2015, dan mereka membawa pulang sebuah medali perunggu.

  1. Lampu Seumur Hidup

5 Teknologi Ramah Lingkungan Beserta FungsinyaTeknologi keempat adalah lampu seumur hidup. Teknologi yang satu ini merupakan buatan anak Indonesia loh, yaitu 3 mahasiswa dari Universitas Brawijaya , Malang. Lampu ini menggunakan sebuah bakteri Bioluminescence dan alat Biolie, cahaya yang dihasilkan mencapai 10.68 watt untuk menerangi sebuah ruangan hingga 68 meter. Untuk kalian yang ingin menggunakan lampu ini , kalian harus mengetahui terlebih dahulu cara merawat lampu tersebut agar tahan lama, karena teknologi ini menggunakan bakteri yang terdapat di tubuh cumi-cumi. Untuk merawat lampu tersebut kalian harus memberikan bakteri tersebut dengan sayuran yang sudah difermentasi.
  1. Eco ATM

5 Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Fungsinya




Teknologi yang kelima adalah Eco ATM. Teknologi yang satu ini sangat membantu banyak orang disaat kalian tidak memiliki uang. Dengan mesin ini kalian bisa menjual HP atau MP3 player loh. Caranya kalian hanya memasukkan barang yang ingin kalian jual kemudian mesin itu akan mengecek kondisi barang dan akan mencari harga terttinggi di pasaran. Jika kalian setuju dengan harga yang diberikan oleh mesin ini , maka kalian bisa mengambil uangnya, setelah itu Eco ATM akan menjual kembali barang kalian untuk di daur ulang.









  • KESIMPULAN

Jadi itulah 5 teknologi ramah lingkungan yang bisa kalian manfaatkan untuk menggantikan energi yang menggunakan Sumber Daya Alam. Cintailah Lingkungan agar anak cucu kita dapat mengetahui bahwa indonesia memiliki SDA yang sangat kaya.
Baca Juga
Previous Post Next Post