Apa Bahaya Beli Laptop Bekas Sembarangan ? Ini Penjelasannya

 DULU OFFICIAL - Laptop, siapa sih yang tidak kenal lagi dengan salah satu alat elektronik portable ini. Laptop merupakan perangkat sejenis komputer portable yang dapat dibawa kemana-mana. Tidak heran jika saat ini laptop sangat mudah dimiliki oleh banyak orang untuk kepentingan pekerjaan atau kebutuhan sekolah. Nah terus bagaimana kalau gak ada budget lebih ? Eits tidak perlu risau teman, meskipun tidak bisa membeli laptop baru  kamu masih bisa membeli laptop bekas yang banyak di jual di pasaran.




bahay beli laptop bekas




Laptop bekas memiliki banyak peminat dibandingkan laptop baru, dikarenakan harga yang sangat murah dan jika kalian beruntung, akan mendapatkan kondisi laptop yang mulus dengan komponen yang masih ori. Akan tetapi bahaya dari membeli laptop bekas sangatlah besar, dikarenakan kalian tidak dapat melihat komponen dalam laptop tersebut , apakah masih original atau telah diganti. Banyak sekali penipuan yang terjadi pada saat membeli laptop bekas, terkadang penjual hanya memberitahu kelebihan laptop itu tanpa memberikan kekurangan atau apa penyebab laptop itu dijual dengan harga miring. Berikut merupakan bahaya membeli laptop bekas sembarangan.



1. Minus yang disembunyikan



Bahaya pertama yang sering terjadi jika anda membeli laptop bekas adalah penjual akan menyembunyikan minus dari laptop tersebut. Sekarang mana ada sih orang yang 100 % jujur dalam menjual barang elektronik yang bekas. Tapi tidak semuanya sih , masih ada orang baik yang terkadang menjelaskan dan memberitahu kekurangan dari laptop yang dijual. Jadi hati-hati memilih toko atau orang untuk membeli laptop bekas.



2. Sparepart laptop tidak terawat



Bahaya selanjutnya yang akan terjadi jika membeli laptop bekas adalah sparepart laptop yang tidak terawat. Tentu saja tidak semua orang yang menggunakan laptop merawatnya dengan baik, salah satunya mengecek sparepart di dalamnya, setidaknya melakukan pembersihan laptop minimal 3 bulan sekali dan hal yang biasanya terjadi jika anda membeli laptop di toko yang menyediakan alat elektronik bekas biasanya merubah sparepart orinya dengan yang bekas.



3. Laptop Ilegal



Bahaya membeli laptop bekas sembarangan yang terakhir yaitu ilegal. Tentunya jika membeli laptop bekas kepada orang baru, kalian harus peka dengan spesifikasi dan harga pasaran yang ada di internet, jangan sampai harga nya sangat murah dan spesifikasinya yang lumayan bagus. Kalian patut curiga dengan asal usul laptop tersebut agar tidak terjadi hal yang merugikan kalian setelah membeli barang tersebut.





Mungkin itu saja sih bahaya dari membeli laptop bekas sembarangan ke orang baru atau ke toko yang tidak jelas. Untuk kalian yang masih ingin membeli laptop bekas aku kasih tips nih, yaitu cek spesifikasi laptop tersebut beserta harga di internet, kemudian langsung install ulang laptop tersebut, atau kalian meminta bantuan teman yang mengerti dunia komputer agar tidak mudah ketipu dengan penjual nakal. 


Baca Juga
Previous Post Next Post