Fungsi dan Macam-macam Kabel USB

 Fungsi dan Macam-macam Kabel USB 

Fungsi dan Macam-macam Kabel USB Apa itu Kabel USB (Universal Serial Bus) ? Kabel USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal seperti scanner, printer, mouse, keyboard, flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita. 

Fungsi USB lainnya adalah dapat menyalakan rokok atau korek api, USB seperti itu biasanya memiliki fungsi ganda.Bukan hanya itu saja, ada USB yang bibuat khusus untuk kemewahan biasanya USB seperti ini harga nya mahal.

Kabel USB sendiri memiliki beberapa tipe dan macam macam berdasarkan portnya. Jenis jenis kabel USB berdasarkan Tipenya :

Berdasarkan tipenya kabel USB memiliki 4 tipe yaitu USB 1.1 , USB 2.0, 3.0 , dan  USB 3.1. berikut merupakan penjelasannya.
  1. USB 1.1
Fungsi dan Macam-macam Kabel USB


Jenis USB berdasarkan tipenya adalah USB 1.1, USB tipe ini merupakan versi kabel yang dirilis pertama kali yaitu pada tahun 1988, dan memiliki transfer data higga 12 Mbps per detiknya. Akan tetapi beberapa pengguna yang telah menggunakan kabel tipemini berpendapat bahwa kabel USB 1.1 hanya bisa mentransfer data dengan kecepatan 1,2 Mbps saja. Namun pada zaman kini USB tersebut sudah tidak digunakan kembali .



  1. USB 2.0
Fungsi dan Macam-macam Kabel USB Jenis USB berdasarkan tipenya adalah USB 2.0, USB tipe ini merupakan versi kabel yang dirilis kedua  pada tahun 2000 yang sudah dibekali dengan berbagi fitur baru seperti kecepatan yang sudah mencapai 480 Mbps dan sudah didukung Hi-Speed Mode. Dengan dirilisnya USB tipe ini bisa menggantikan USB yang dikeluarkan sebelumnya.
  1. USB 3.0
Fungsi dan Macam-macam Kabel USB Jenis USB berdasarkan tipenya adalah USB 3.0, USB tipe ini merupakan versi kabel yang dirilis  ketiga pada tahun 2008 yang sudah dibekali dengan fasilitas yang sangat komplit. Bahkan kabel tipe ini bisa mentransfer data hingga kecepatan 5 Gbps pada mode SuperSpeed. Salah satu ciri dari USB ini biasanya memiliki konektor dan socket berwarna biru yang merupakan tanda perbedaan dari versi sebelumnya.
  1. USB 3.1
Jenis USB berdasarkan tipenya adalah USB 3.1, USb ini merupakan perkembangan dari versi kabel sebelumya yang diperbaharui kembali. USB ini dirilis pada tahun 2013 dengan membawa fitur yang terbaru, kabel tipe ini bisa mentransfer data hingga 10Gbps. Dengan kecepatannya untuk mentransfer data , sehingga charger ini diberi nama USB SuperSpeed+, atau standar dengan kabel USB fastcharging.

Jenis Kebel USB berdasarkan Port nya
  1. USB Type-A
Jenis USB type-A sering seklai kalian jumpai , biasanya kalian menjumpai usb seperti ini di Laptop, Komputer dan Game console. Biasanya USB ini memiliki bentuk persegi panjang . untuk portnya sendiri kabel ini memiliki 2 macam yaitu mini dan micro.
  1.  USB Type-B
Type Port USBJneis USB Type-B merupakan type kabel yang sangat mirip dengan USB Type-A yang membedakan hanyalah bentuknya saja. USB Type-B memiliki 3 varian ukuran yaitu Standart, Mini, dan Macro dengan versi 2.0.
  1. USB Type-C
Jenis USB Type-C merupakan jensi kabel yang mendukung versi kabel USb 3.1 yang mampu mengalirkan tegangan sebesar 20 volt (100W) dan 5 Ampere. Keunggulan lainnya dari US Type-C ini adalah bisa menghantarkan tegangan supply bi-directional power yakni 2 arah. Biasanya jenis USB ini digunakan untuk mengisi baterai dari laptop atau notebook yang membutuhkan arus listrik yang lebih kuat.
Baca Juga
Previous Post Next Post